Jumat, 14 Mei 2010

Perlunya Saling Memahami

Oleh: Dian Kurnia

 
Kehidupan manusia bagaikan sebuah roda yang berputar. Satu sisi kadang berada di atas dan sisi lain di bawah. Begitu pula sebaliknya, sisi yang berada di atas akan berada di bawah dan yang di bawah akan berada di atas.
Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai karakteristik (ciri khas) yang berbeda satu sama lainnya. Perbedaan itu sengaja diciptakan oleh Allah SWT sebagai sebuah rahmat bagi sekalian manusia. Namun, terkadang kita sebagai manusia yang mempunyai egoitas selalu tidak menyadari akan hal itu. Perbedaan yang ada di nilai sebagai sebuah awal dri perpecahan.
Misalnya, karena perbedaan pandangan mengenai sebuah hal dalam debat atau diskusi, ada dua pihak yang bisa mengalami crash atau konflik yang akhirnya menyebabkan ketidak stabilan kehidupan. Dalam hal ini, perbedaan tidak dianggap sebagai rahmat melainkan sebagai sesuatu yang mengancam. Maka hal yang dilakukan adalah mempertahankan diri dan menyerang lawan dengan berbagai cara.
Hal inilah yang mesti diluruskan. Tancapkan pada pikiran kita bahwa berbeda bukanlah hal yang buruk. Karena dengan berbeda kita akan bisa saling melengkapi dan menyempurnakan (meskipun tidak ada yang sempurna) satu sama lain.
Hargailah perbedaan yang ada dengan saling memberi masukan positif. Karena dalam kehidupan saling memahami adalah diperlukan dengan tujuan untuk menggapai rahmta dari Allah SWT. Amin.

(Penulis adalah Mahasiswa pada Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung TA 2008)

Wallahu'alam

1 komentar:

Komentar

.: Related Blog :.