Rabu, 07 Juli 2010

Ingin Sehat ? Berwudlu Aja ^_^

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Sahabat, kita sebagai umat Islam (baca: muslim) diperintahkan oleh Allah SWT melalui risalah Nabi Muhammad SAW untuk selalu menjaga wudlu (kesucian). Perintah ini adalah tak lain sebagai kasih sayang Allh SWT kepada kita semua (umat Islam) agar diri kita selalu terhindar dari bala wal musibah. Dengan selalu menjada wudlu/kesucian, Insya Allah kita akan selalu ada dalam lindungan-Nya.
Dalam sebuah hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, disebutkan bahwa:
"Sesungguhnya Allah itu indah, menyukai keindahan, Allah itu bersih, menyukai kebersihan, Allah itu Maha Mulia dan menyukai kemuliaan, Allah itu Maha dermawan dan menyukai kedermawanan, maka bersihkanlah halamanmu dan jangan kalian menyerupai orang Yahudi."

Syariat Islam yang telah diwajibkan atas setiap muslim oleh Allah SWT merupakan sebuah keuntungan bagi kita bila kita menjalankannya dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab. Semua perintah Allah SWT hanyalah untuk kemaslahatan manusia. Bila dilaksanakan, akan mendatangkan keuntungan bagi kita sendiri selaku manusia dan ciptaan Allah SWT. Demikian pula dengan larangan-larangannya, bila dijauhi maka akan mendapatkan kemaslahatan pula bagi kita.

Agama Islam adalah agama yang bersih dan suci, yang mendorong setiap pemeluknya (umat Islam/muslim) untuk selalu bersuci dengan cara berwudlu agar selalu bersih dan suci, indah dalam penampilannya dan suci dalam hatinya (qalbu).

Sebagai sebuah anjuran agama, perintah berwudlu tertera dalam Al-Qur'an Al-Karim. Allah SWT berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. Dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki dan jika kamu junub, maka mandilah" (Q.S. Al-Maidah: 6)

Berwudlu adalah proses kebersihan yang dilakukan oleh seorang muslim untuk membasuh bagian-bagian tubuhnya sebanyak lima kali sehari. Kebersihan adalah bagian dari keimanan. Dalam hadits yang telah diriwayatkan oleh Thabrani, Rasulullah SAW bersabda:
"Kebersihan mengajak kepada keimanan, keimanan beserta pemiliknya berada di surga"

Oleh karena itu, apabila kita ingin sehat, maka berwudlulah secara teratur. Lebih-lebih kita melakukan wudlu setiap kita batal dari wudlu agar badan kita dan jiwa kita sehat secara paripurna.

Wallahu'alam
Oleh Dian Kurnia (Mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam UIN SGD Bandung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

.: Related Blog :.